E-Commerce

 E-Commerce / Electronic Commerce / perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet

 Bentuk perdagangan secara elektronik yang dilakukan saat ini antara lain : internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online dan sebagainya

 Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahaan maupun kepada customer

 Keuntungan yang diperoleh perusahaan antara lain :
o Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas
o Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang-cabang distribusi
o Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak
o Karena biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi maka harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. Akibatnya lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak laku
o Barang yang dijual murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan

 Keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain :
o Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup ke internet dan memesan barang, barang akan diantar ke rumah
o Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja
o Mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet
o Dapat membeli barang yang terdapat di Negara lain yang mana di dalam negeri mungkin saja belum tersedia
o Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah